Uncategorized

Jokowi Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Siang Ini di Istana

Presiden RI Joko Widodo (Doc.net)

JARRAKPOS – JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023, dimomen yang sama, Jokowi juga melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK di Istana Negara, Jakarta,  pada Jumat (20/12/2019) siang ini.

Jokowi pun membenarkan bahwa pelantikan akan berlangsung Jumat ini.

“Iya Jumat dilantik,” kata Jokowi saat mengunjungi di sela-sela kunjungannya di Balikpapan Rabu lalu.

Pimpinan KPK terpilih yang akan dilantik adalah Komjen Pol Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Nama lima calon komisioner itu terpilih lewat proses panjang dari mulai tim pansel bentukan Presiden Jokowi hingga mekanisme uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.

Dalam proses di Komisi III DPR tersebut Firli terpilih sebagai ketua, sementara empat nama lainnya menjabat sebagai wakil ketua.

Sebenarnya proses seleksi Firli dan lainya itu mengalami ganjalan yakni protes keras masyarakat sipil antikorupsi.

Firli dinilai memiliki catatan buruk ketika menjadi deputi penindakan KPK karena diduga melanggar kode etik lembaga antirasuah.

Untuk anggota Dewan Pengawas KPK sendiri belum diketahui secara pasti. Jokowi baru menyebut beberapa nama, seperti mantan hakim agung Mahkamah Agung Artidjo Alkotsar, hakim Albertina Ho, serta membenarkan nama mantan ketua KPK Taufiequrachman Ruki.

Acara pelantikan Pimpinan KPK  dan anggota Dewan Pengawas KPK akan dilakukan di Istana Negara pukul 14.30 WIB.

Jarrakposmakasar.com/lle

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close